Senin, 06 Maret 2017

Tips menghadapi kritikan, cibiran dan para haters

Tips kali ini adalah membahas cara menghadapi kritikan, cibirian dan para haters, bagi anda yang cepat merasa down karena kritikan, cibiran atau bahkan mungkin makian dari para haters apalagi yang berjiwa melankolis, bakalan jadi masalah besar, dengan cepat merasa bad mood, marah, bahkan depresi, akan selalu difikirkan maslahnya berhari-hari bahkan selama-lamnya, parah banget dah kalau sampai segitu hehe...
kritikan biasanya akan terasa menyakitkan apabila pernyataan itu benar, tapi bila kritikan itu salah bisa jadi kritikan itu tidak berpengaruh apa-apa pada diri anda dan dengan mudah bisa melupaknya, yang membuat kritikan itu menjadi menyakitkan adalah sikap kita meresponya, bila positif akan berakibat positif pula pada diri kita namun apabila negatif maka negatif pula yang akan kita rasakan...
well... jadi bagaimana cara menghadapi kritikan, cibiran dan cemoohan dari para haters yuuk kita simak beberapa tips di bawah ini yaa...

1.Lihat kritik dan cemoohan dari beberapa perspektif yang berbeda
ketika mendapakan kata-kata kritikan dari orang lain cobalah mencerna dan melihatnya dari perspektif yang berbeda, bisa jadi sesuatu yang melemahkan kita bisa menjadi sesuatu yang berguna untuk mengevaluasi kekurangan yang kita miliki, anggaplah cara mengeritik meraka itu menggunakan kalimat yanng salah namun maksud merka benar dan baik, sehingga aura positif akan muncul dari dalam fikiran kita.

2. Anggaplah kritikan negatif, cibiran adalah sampah yang bisa di recycle.
layaknya sampah, pasti kotor bau dan rusak, namun bila kita bisa kreatif maka sampah tersebut akan bermanfaat dan sangat berguna bila kita bisa mendaur ulang sampah tersebut, begitu halnya kritikan tersebut akan menjadi sesuatu yang sangat benilai bila kita bisa mengontrol emosi kita, dengan mengambil manfaat yang baik dari kritikan tersebut.

3.cobalah fahami maksud dari komentar negatif
lakukanlah analisa terlebih dahulu dari kritikan tersebut agar tidak terjadi kesalah pahaman, selain memahami komentar negatif itu maka pahamipulalah maksud dari orang yang memberikan kritikan tersebut, ada yang memberikan kritik untuk membangun dan ada juga kritikan untuk menunjukan kecerdasan, kehebatan atau untuk mendapatkan perhatian dan bahkan mungkin mereka terganggu dengan kita, dengan mengetahui maksud dari mereka maka kita bisa mengatur strategi untuk menghadapi mereka.

4.Jangan terlalu membela diri
ketika seseorang memberikan kritikan pada anda cobalah untuk tidak terlalu memberikan pembelaan pada diri anda, karena itu akan menunjukan bahwa anda sama dengan pengkritik anda. orang yang suka mengkritik akan cendrung melakukan pembelaan diri mereka sendiri dan mereka merasa merekalah yang paling benar, maka anda jangan terlalu memberikan pembelaan terhadap diri anda, cukup memberikan bukti bahwa apa yang mereka katakan itu tidak bernilai apa-apa bagi anda, sikapi dengan perasaan tenang-tenang saja.

5. Jangan agresif
kritik pedas biasanya akan memicu emosi dan memancing kita untuk bertindak agresif, tapi coba kendalikan emosi anda dan mencoba berfikir jernih, karena apabila anda terpancing dan melakukan tindakan agresif maka justru andalah yang akan disalahkan meskipun dialah yang memulai. hadapilah dengan tenang dan penuh hati-hati.

6. Jawab dengan kalimat ambigu(bermakna ganda)
menjawab kritikan dengan jawaban ambigu adalah salah satu cara yang efektif, karena akan memberikan jawaban yang membuat si pengkritik bingung dengan jawaban anda, mereka akan berfikir untuk meberikan jawaban balik pada anda, menjawab dengan jawaban humoris juga adalah cara yang tepat menghadapi kritikan.

7. Jangan pernah memberikan alasan
ketika sesorang memberikan kritik dan cemoohan jangan langsung memberikan alasan karena mereka akan berfikir apa yang mereka katakan adalah benar, berikan alasan pada saat yang benar-benar mendesak, dengan memberikan alasan dengan kritikan sebenarnya akan memberikan kesan bahwa kita sedang terpojok.

8.Jangan lngsung membalas
ketika mendapatkan komentar yang negatif sebisa mungkin jangan langsung membalasnya baik itu melalui sms, email ataupun di medsos, karena itu akan terkesan bahwa kita itu sangat rapun sehingga tidak sabar untuk membalas komentar negatif itu, tenangkan diri dahulu dan kendalikan emosi baru kita membalas kritikan tersebut.

9. Jangan di perdulikan
bila kritikan negatif itu tidak bernilai apa-apa maka kritikan itu jangan dipikirkan, apabila diberikan tanggapan maka itu akan terkesan bahwa apa yang mereka katakan itu adalah benar.

10. Pahami kekuranggan anda
seseorang memberikan kritikan dan cemoohan terkadang memang karena kita memiliki kekurangan, jangan lasung dimasukan kedalam hati, lakukanlah analisa kediri kita, dengan menyadari kekurangan berarti kita bisa membuka jalan untuk menjadi yang lebih baik lagi.

11. perbaiki kekurangan anda
setelah anda mengetahwi kekurangan anda maka segeralah menjadi yang lebih baik dengan memperbaiki kekurangan yang anda miliki dan setelah anda mampu merubah sesuatu yang negatif menjadi positif maka anda sudah sadar bahwa komentar negatif bukanlah sesuatu yang jahat namun bisa menjadi kebaikan buat anda.

demikian 11 tips menghadapi kritikan dan cemoohan dari para haters kita, semoga bermanfaat yaaa... ambilah selalu sikap positif dalam menhadapi setiap kritikan.. wassalam....



0 komentar:

Posting Komentar