Jumat, 10 Maret 2017

Tips menghilangkan kantuk


Ngantuk merupakan sesuatu yang normal dan manusiawi bagi setiap mahluk hidup, hanya mesin yang tidak bisa ngantuk, ngantuk itu bisa disebabkan oleh beberapa factor, diantaranya, karena begadang, adanya penyakit atau bahkan mungkin karena pemalas.. hehe… kita membutuhkan rasa ngantuk, terlebih lagi setelah seharian bekerja, tubuh membutuhkan waktu untuk istirahat, namun kantuk akan bermasalah bila iya datang saat waktu yang tidak di inginkan, seperti waktu mengendarai motor,mobil ataupun yang sejenisnya, dan yang menyebalkan lagi ngantuk itu datang pada saat jam kerja, itu akan menyebabkan daya focus kerja kita akan berkurang dan mengakibatkan kerugian bagi kita sendiri atau perusahaan tempat kita bekerja. Nah.. ali ini saya akan berbagi beberapa tips untuk menghilngkan rasa kantuk itu, disimak yaa…

  1. Lakukan peregangan otot.
Setiap 30-60 menit lakukanlah sesuatu yang aktif, contohnya lari-lari ringan, Push Up, Lompat-lompat, dan sebagainya.
  1. Perbanyak Minum air putih
Dengan memperbanyak meminum air putih anda akan merasa lebih fresh, dan juga dapat menghindari kurangnya cairan dalam tubuh, baik itu karena begadang semalaman atau setelah habis olahraga dan mengeluarkan banyak cairan dari dalam tubuh.
  1. Bekerjalah di tempat terang
Usahakan untuk bekerja di tempat yang terang dan Penuh cahaya. Karena itu akan membantu mood anda untuk lebih siap, Jangan bekerja di tempat yang redup karena akan menambah rasa kantuk anda.
  1. Dengarkan musik yang nge-Beat,
Dengan mendengarkan music yang ngebeat anda akan merasa lebih bersemangat lagi untuk menjalani rutinitas anda.
  1. Makan makanan yang berprotein tinggi.
Makanlah makanan yang banyak mengandung protein yang tinggi contohnya telur, kacang mete, almon, dan lain-lain. Tapi jangan makan terlalu berlebihan karena itu akan membuat anda merassa kenyang dan lebih mengantuk lagi.
  1. Mengatur pernafasan
Lakukanlah pernafasan yoga dimana menghirup dan menghembuskan nafas melalui hidung, dan tarik pada bagian perut anda kearah diafragma saat bernafas. Lakukan hal ini dengan sangat Cepat.
  1. Jaga pikiran
Jagalah pikiran anda agar tidak mengantuk dengan cara mengunyah permen karet atau permen mint yang segar atau anda juga bisa minum air es batu.
  1. Cuci muka dan pergelangan
Cucilah muka anda hingga pergelangan tangan anda dengan menggunakan air segar, atau untuk yang muslim bisa melakuknya dengan berwuduk.
Nah demikian beberapa tips untuk menghilangkan rasa kantuk, semoga bermanfaat untuk anda dan bagi kita semua,, Cukup sekian dulu pembahasan tentang tips kali ini yaa… sampai jumpa di tips-tips yang lainya wassalam… J

0 komentar:

Posting Komentar